7 Tips Menurunkan Spam Score Untuk Kreator Blog

Akhir-akhir ini ramai dibahas di beberapa grup blog indonesia tentang bagaimana cara menurunkan spam score. Dan kenapa harus diturunkan? Naik ke mana kok sampai harus turun. Bahkan blog yang spam score (SS)-nya tinggi, dianggap blog yang tidak sehat. Blog ber-SS tinggi ibaratnya blog bervirus, bisa menularkan prosentase tinggi SS-nya ke blog lain.

Apa itu Spam Score?

Sebelumnya mari kita simak dulu, apa yang dimaksud dengan spam score.
Spam score adalah persentase dari website-website yang mempunyai fitur yang sama dengan halaman tersebut yang sudah dipenalti oleh Google. Ini adalah sebuah metode penilaian dengan menimbang 27 faktor Spam yang dipergunakan oleh MOZ untuk menentukan apakah suatu cenderung spam atau tidak.
Kita sering membaca tentang spam yang pengertian sederhananya berita yang dikirim berulang-ulang. Spam seringkali terkirim ke komputer kita karena terinfeksi oleh virus komputer. Walaupun demikian website atau blog yang angka spam scorenya tinggi bukan berarti blognya bervirus. Spam Score menjadi indikator sebuah website atau blog sehat atau tidak. Ada batas prosentase yang masih bisa ditoleransi sebuah blog aman atau tidak. Ada klien yang mensyaratkan maksimal SS adalah 3 atau 4% saja. Tentu saja semakin kecil angka SS, dianggap blog yang sehat.


Di antara para narablog SS seolah menjadi virus, karena banyak artikel yang menjelaskan tentang itu. Oleh sebab itu banyak juga teman-teman yang memasang MOZ Checker di laptop masing-masing, untuk mengetahui SS setiap blog yang akan dikunjungi. Bukan hanya untuk keperluan blog walking saja, bagus juga bila kita juga mengecek website klien. Kan tidak lucu juga, kita harus menyambungkan ke external link yang ternyata websitenya tidak sehat.
Beberapa langkah agar tidak tertular SS yang tinggi terutama bila kita berkunjung ke blog lain adalah:

1.  Tidak Meninggalkan Url Blog
Adapun langkah kita sebagai tamu yang berkunjung ke blog lain juga ada beberapa cara sama halnya seperti yang dilakukan pemilik blog.
Bila platform Blogspot, maka kita bisa meninggalkan komen dengan akun Google. Sedangkan untuk platform WordPress, kotak nama diisi dengan nama dan url blog kita, kotak email diisi email seperti biasa. Sedangkan kotak url web dikosongkan.

2.Mengatur Kotak Komen
Agar sebuah blog tidak tertular dari blog lain yang kebetulan SS-nya tinggi, seringkali pemilik blog mengatur kotak komennya.
Untuk blog, platform Blogspot pengunjung hanya bisa meninggalkan komen dengan akun Google. Sedangkan platform WordPress, pemilik blog mengatur hanya kotak nama dan email saja, kotak url blog tidak ditampilkan.

3. Perbanyak Back Link
Bila di artikel organik yang kita tulis akan dibuat inbound link atau sering juga disebut sebagai back link maka kita harus mencari website atau blog yang kualitasnya baik. Misalnya, bukan situs perjudian, pornografi, atau situs terlarang lainnya. Bisa juga saling bertukar link dengan teman tentunya dengan persyaratan tertentu. Jangan juga bertukar link dengan teman yang SS-nya tinggi.

4. Artikel Organik
Cara paling efektif untuk menurunkan SS adalah perbanyak menulis artikel organik. Artikel organik adalah artikel bebas yang bukan berupa artikel bersponsor. Memang tidak dapat dipungkiri, blog yang sudah dimonetize sedikit banyak menuliskan juga artikel-artikel bersponsor. Banyak informasi yang menjelaskan agar perbandingan antara artikel organik dan artikel bersponsor adalah 3 banding 1. Artinya, bila kita menerima job, entah sponsored post atau content writer, setiap 1 artikel kita harus menulis 3 artikel bebas yang tidak terikat dengan brand tertentu.

5.  Hapus Broken Link
Broken link ini kerjaan banget bagi yang tidak memperhatikan kesehatan blog. Bagi teman-teman yang memilih platform WordPress, broken link ada plug in nya berupa Broken Link Checker, atau plug in lain yang mencegah blog spam mengganggu blog kita.

6. Disavow
Disavow artinya penolakan. Jadi ibaratnya kita putus hubungan dengan web atau blog yang mempunyai SS tinggi. Cara untuk disavow, kita membuka Google Search Console, pilih disavow links. Pilih File yang sudah kita siapkan di notepad terlebih dahulu.

7. Atur Media Sosial
Pengaturan media sosial sering juga memengaruhi kecepatan dan kesehatan blog kita. Jangan menyambungkan akses Instagram di side bar, karena akan memperlambat blog kita. Tambahkan akun LinkedIn dan nomor telepon, karena situs spam tidak mencantumkan akun LinkedIn dan nomor telepon.

Demikian, semoga manfaat dan makin bersemangat.

Tidak ada komentar untuk "7 Tips Menurunkan Spam Score Untuk Kreator Blog"

Berlangganan via Email