Flashdisk Tidak Terbaca dan Cara Solutif Mengatasinya

Salah satu masalah saat akan menggunakan flashdisk adalah flashdisk yang tidak terbaca. Sebelum membahas cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca, sebaiknya kita perlu mengetahui sebab flashdisk tidak dapat terbaca pada uraian berikut:

1. Saluran antar USB kotor

Masalah pertama yang mungkin terjadi adalah saluran antara port USD dan flashdisk kotor. Biasanya dikarenakan debu yang menempel pada keduanya. Untuk itu hati-hati dalam menempatkan flashdisk dan juga rajin membersihkan port USB dengan kuas atau sikat.


2. Driver USB Bermasalah

Jika driver USB pada komputer atau laptop tidak berfungsi, tentunya ini salah satu penyebab flashdisk yang tidak terbaca. Untuk memastikan driver USB bermasalah atau tidak, bisa dilihat melalui Device Manager dan memilih USB Controllers pada menu tersebut.

3. Virus

Hal yang paling umum terjadi pada flashdisk yang sering terjadi yakni terkena virus. Biasanya terjadi pada flashdisk yang sering tancap dari satu komputer ke banyak komputer lainnya.

4. Flashdisk tidak Orsinil

Usahakan ketika membeli flashdisk setidaknya membeli produk yang bermerek dan bergaransi. Agar memiliki kualitas yang terjamin dan terhindar dari flashdisk yang palsu.

Dari berbagai sumber masalah yang telah diuraikan di atas, dapat diambil beberapa cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca berikut ini:

1. Instal ulang driver USB pada laptop atau Komputer
Ikuti beberapa langkah berikut ini

a. Hubungkan flashdisk dengan komputer atau laptop, kemudian buka menu Control Panel dan pilih Hardware and Sound.
b. Buka menu Device Manager, dan klik opsi USB Controller. Cari menu perangkat USB Mass Strorage Device.
c. Klik kanan pada flashdisk kita dan klik menu uninstall. Kemudian cabut flashdisk dan restart komputer atau laptop yang sedang digunakan.

2. Gunakan Write Protected

Ikuti beberapa langkah berikut ini :
a. Buka menu Command Prompt, kemudian ketikkan perintah diskpart, klik enter. Sampai muncul jendela baru.
b. Ketik list disk untuk melihat posisi flashdisk, kemudian klik pada flashdisk yang kita gunakan.
c. Setelah menemukan flashdisk yang digunakan, ketik attributes disk clear readonly, kemudian clean, dan klik create partition primary.
d. Langkah yang terakhir yaitu ketik perintah format fs=fat32. Exit.

3. Gunakan HDD Low Level Format

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan tools HDD Low Level Format. Ikuti beberapa langkah berikut:
a. Sambungan flashdisk yang akan digunakan dengan komputer atau laptop.
b. Download software HDDGURU Low Level Format, kemudian install
c. Pilih USB dan klik continue
d. Setelah proses tersebut selesai, maka flashdisk dapat diformat ulang dengan cara yang biasanya.

4. Gunakan Computer Management

Cara terakhir yang dapat dilakukan yakni dnegan membuka kolom pencarian kemudian mengetikkan 'Computer management' pada kotak pencarian tersebut.
Kemudian pilih 'Disk Management' dan klik kanan pada flashdisk yang dimaksud. kemudian pilihlah menu Change Drive Letter and paths. Akan muncul menu pilihan baru berupa Assign the Following Drive Letter. Klik Ok.
Setelah itu flashdisk akan terformat. Namun cara ini cukup beresiko, karena menyebabkan data di dalam flashdisk hilang.

Nah, semoga beberapa cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di atas dapat menjadi solusi yang digunakan agar flashdisk dapat berfungsi kembali. Setiap langkah mungkin beresiko terhadap data yang ada dalam flashdisk kita. Namun sebaiknya kita memiliki cadangan data dalam flasdisk yang tersimpan pada laptop atau komputer. Karena jika kita kehilangan data, tidak perlu terlalu sedih karena ada data cadangannya.

Selalu rawat flashdisk yang kita punya dengan rajin scan flashdisk menggunakan antivirus yang ada pada PC. Agar saat masuk ke dalam PC atau laptop lain tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, salah satunya flashdisk yang tidak terbaca.


Tidak ada komentar untuk "Flashdisk Tidak Terbaca dan Cara Solutif Mengatasinya"

Berlangganan via Email