Jenis Bahan Yang Cocok Untuk Print Kain

 


Print kain atau sering disebut juga digital printing pada media kain merupakan inovasi baru di bidang fashion yang sedang popular dan diminati banyak orang. kita tahu bahwa dulu pembuatan motif pada kain dilakukan dengan cara manual menggunakan alat cetak (sablon), tetapi sekarang kita dapat menggunakan alat cetak (printing) yang bekerja dengan sistem komputerisasi.

Alat cetak digital (printer) yang kita tau berukuran kecil dan hanya bisa digunakan untuk mecetak kertas. Tetapi dengan perkembangan teknologi, saat ini terdapat alat cetak digital (printer) yang berukuran besar, sehingga dapat digunakan tidak hanya mencetak kertas dengan ukuran besar saja tetapi juga dapat digunakan pada media kain. Mencetak motif atau gambar pada media kain inilah yang disebut print kain atau digital printing kain

Penggunaan print kain atau digital printing dinilai lebih mudah dan dapat dengan cepat memperoleh hasil yang banyak. Motif atau gambar dibuat dengan menggunakan komputer. Kita bisa membuat motif sesuai yang kita inginkan dan tentunya dengan menggunakan komputer dapat meningkatkan keragaman motif yang ada. oleh karena itu, print kain atau digital printing ini sangat diminati oleh pengusaha konveksi untuk membuat produk tekstil mereka, seperti hijab, kaos, celana, jaket, tapak meja, karpet, tirai, totebag, dan sebagainya.

Akan tetapi ada satu hal penting yang diperlu kita ketahui, bahwa perkembangan teknologi ini tidak dapat digunakan untuk semua jenis kain. Kita harus mengetahui jenis kain apa saja yang cocok untuk digital printing ini. Berikut rekomendasi jenis bahan yang bisa anda gunakan untuk digital printing:

1.    Katun

Katun merupakan kain yang halus, mudah disetrika, tidak mudah luntur, dan tahan lama. Banyak orang menyukai jenis kain ini karena nyaman saat digunakan pada cuaca apapun. Kain ini terbuat dari kapas sehingga sangat cocok untuk mencetak kain.Tinta print dapat dengan mudah diserap oleh kain sehingga gambar yang dihasilkan akan terlihat sempurna.

2.    Baloteli

Kita tentu tidak asing dengan kain yang satu ini. Pakaian bebahan kain balotelisering kita jumpai di online shop. Kain yang memiliki tekstur pada permukaannya inimemiliki harga yang relative terjangkau. Mudahnya pengaplikasian digital printing serta tinta print yang dapat menempel dengan baik pada jenis kain ini, membuatnya menjadi salah satu jenis kain terbaik yang bisa digunakan untuk print kain.

3.    Satin

Satin merupakan kain yang bisa memberikan kesan mewah pada penampilan kita. Kain yang halus, ringan serta mengkilap ini sering menjadi bahan untuk membuat hijab. meskipun tipis, bahan ini memiliki kerapatan kain yang baik sehingga tinta print akan tidak mudah tembus. Oleh sebab itu jenis kain yang satu ini tepat digunakan sebagai bahan digital printing.

4.    Kanvas

Selain pakaian, digital printing pada media kain juga dapat digunakan untuk mencetak motif pada karpet, tirai, sarung bantal, dll. Kanvas adalah bahan yang sangat tepat untuk itu. Bahan yang tebal, kaku serta tidak transparan sangat cocok untuk mencetak motif dalam ukuran besar.

 

Print kain memang mudah, murah dan cepat. Untuk memperoleh hasil cetakan gambar atau motif yang maksimal maka kita harus memilih jenis bahan yang tepat. 4 jenis bahan diatas bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin membuat digital printing. Pilih bahan yang sesuai dengan produk yang ingin anda buat.


Tidak ada komentar untuk "Jenis Bahan Yang Cocok Untuk Print Kain"

Berlangganan via Email