Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunakan Jenis Sambungan Pipa PVC Sesuai Kebutuhan Anda

 sambungan pipa

Bagian terbesar dari sistem plumbing atau perpipaan tentu saja yakni pipa dan konektor. Pipa membantu mengalirkan air dari suplai ke wastafel Anda. Saluran pembuangan atau pipa Anda tak akan berfungsi jika Anda tidak memiliki sambungan pipa. Tahukah Anda bahwa ada banyak jenis sambungan pipa khususnya pipa PVC, dan bukan hanya satu?

Anda mungkin tahu apa itu pipa PVC. Nah, jika Anda sedang mengerjakan proyek PVC, Anda juga harus memahami apa itu konektor pipa PVC. Ya, rata-rata pemilik rumah mungkin menghadapi beberapa masalah dalam memahami semua jenis konektor pipa PVC tersebut. Konektor PVC, umumnya dikenal sebagai alat perlengkapan yang menyatukan semua pipa. Seperti namanya, sambungan pipa tentunya untuk menghubungkan pipa bersama.

Daftar Jenis Konektor atau Sambungan Pipa Umum

Untuk membantu Anda, kami telah membuat daftar jenis konektor yang paling umum dan juga beberapa informasi tambahan terkait konektor pipa tersebut. Sama seperti banyaknya jenis pipa PVC, maka ada banyak pula jenis konektor pipa PVC. Segala jenis konektor pipa yang bagus dan berkualitas ini bisa Anda dapatkan di Rucika. Ok, beberapa jenis konektor yang umum diantaranya:


·        Adapter

Adapter memperpanjang proses atau mengubah jenis koneksi di ujung pipa. Jenis sambungan ini mirip dengan adaptor untuk perangkat listrik. Adapter memungkinkan Anda menghubungkan berbagai jenis PVC bersama-sama. Hal ini tentu akan membantu kemudahan pemasangan Anda karena tidak perlu mempersiapkan dan menggunakan alat lain yang lebih rumit. Sebagian besar, bahan standard yang dipakao Adapter adalah kuningan, tembaga, lunak, ABS, PVC, dan baja.

·        Socket

Siapa yang tak kenal dan tak pernah menggunakan sambungan ini? Semua yang sedang dalam proyek perpipaan pasti membutuhkannya. Banyak yang mengatakan bahwa konektor inilah yang merupakan sambungan utama. Terbukti, banyak sekali yang mengaplikasikannya pada tiap bagian PVC pipe yang membutuhkan sambungan. Socket connector ini dipakai untui menyatukan 2 pipa yang mana ukuran diameter dan jenisnya harus sama. Silahkan gunakan Socket untuk memperpanjang pipa anda sesuai kebutuhan.

·        Elbow

Elbow nantinya akan mengubah arah aliran air. Well, bentuk konektor ini tentunyanmelengkung sehingga membantu all users untuk menyatukan serta membentuk pipa dan mengubah arah mengalirnya air. Konektor ini dibuat serta dirancang khusus dengan sudut, biasanya 90 atau 45 derajat. Ada juga sambungan Elbow yang cukup unik dengan sudut 60 atau bahkan 22,5 derajat. Dengan sambungan jenis ini, Anda dapat dengan mudah menyambungkan berbagai pipa atau konektor.

·        Reducer

Bagaimana dengan Reducer? Jenis pipe connector ini pun diaplikasikan pada saluran pipa yang lurus bentuknya. Lalu, apa sih fungsi konektor reducer? Sebagaimana namanya, tentu fungsinya untuk mereduce atau mengurangi genangan air yang mengalir pada pipa yang terpasang. Penggunaan Reducer sangat mendukung keinginan Anda jika ingin mengurangi beberapa ukuran saluran pipa dan Anda sesuaikan dengan ukuran tertentu. Jadi, jumlah valvelnya tak perlu anda potong atau kurangi.

·        Tee

Bentuk konektor ini mirip dengan salah satu huruf Latin. Huruf apa itu? Tentu saja "T" sesuai namanya, Tee. Konektor ini membantu Anda menghubungkan tiga pipa atau lebih dan membentuknya menjadi siku untuk memastikan aliran air tetap berjalan dengan baik walaupun berbeda arah. Apakah Anda ingin jalir pipa utama anda dibagi 2 atau beberapa? Jika ya, sambungan jenis ini sangat pas untuk anda aplikasikan.

·        Cross

Untuk Cross pada sambungan pipa PVC ini memiliki fungsi spesial untuk membagi arah aliran air menjadi 3 bagian. Tentu saja, tekanan keseluruhan arah tersebut akan sama rata entah arah kanan, kiri, ataupun tengah. Sehingga, cara ini sangatlah efektif untuk mengalirkan air ke semua bagian dengan jumlah sama. Sebelum menggunakannya, Anda harus teliti dan mengeceknya dulu untuk menghindari adanya kebocoran sehingga menghambat lancarnya aliran. Begitu juga dengan semua jenis sambungan harus dilakukan pengecekan ulang agar semua aman.

Itu hanyalah beberapa sambungan pipa yang umum dipakai para pengguna. Sebenarnya masih ada banyak lagi jenisnya yang juga sama penting untuk proyek perpipaan. Dengan pipa Rucika, semua proyek Anda akan mendapatkan hasil maksimal dan tentunya tahan lama. Dan agar anda semakin paham terkait sambungan pipa yang diproduksi Rucika kamu bisa mendapatkan keterangan lebih mendetailnya lewat www.rucika.co.id yang bisa kamu akses kapan pun dan dimana pun kamu berada yaa.




Posting Komentar untuk "Gunakan Jenis Sambungan Pipa PVC Sesuai Kebutuhan Anda"