Pentingnya Menjaga Mental Bagi Ibu untuk Kebahagiaan Diri dan Keluarga

 



Seorang Ibu, baik working mom ataupun Ibu yang stay at home, punya kewajiban untuk mengatur urusan rumah tangga. Tanggung jawab dan tugasnya cukup berat sehingga seringkali melontarkan keluhan. Apalagi ibu baru yang sangat rentan akan tantangan mom shaming. Sebagai perempuan hebat, kita harus tetap menjaga mental demi terjaganya mental seluruh anggota keluarga. Ya, patokan sehatnya mental keluarga juga ada di tangam kita. Dan, tujuan utamanya adalah agar kita tetap waras dan tetap bisa beraktifitas untuk membahagiakan keluarga khususnya anak dan suami tercinta. Bagaimana caranya? Langsung simak, ya!

Pentingnya Menjaga Mental Bagi Ibu untuk Kebahagiaan Diri dan Keluarga


Quality time

Seharian berkutat dengan urusan anak, rumah, juga dapur membuatvrasa penat terus menempel. Ibu perlu menjaga mental agar fisik juga psikis tetap waras. Untuk itu, ibu perlu yang namanya quality time untuk dirinya sendiri. Caranya beragam tergantung apa yang kita suka, contohnya main game  membaca, blogging, memasak, dan lainnya.

Daily task

Mungkin selama ini kita menjalani hari-hari apa adanya dengan segala tugas yang tak menentu. Itulah yang malah membuat aktifitas harian terasa begitu berat. Sebaiknya, kita mengatur ulang semua daily task agar lebih fleksibel namun tetap teratur. Dalam penyusunan list aktifitas, kita harus tetap mempertimbangkan keadaan mental dan fisik. Tak hanya itu, keadaan keluarga juga ikut dioertimbangkan.

Kontrak dengan suami

Sedikit alay memang dengan bahasa kontrak, tapi ini adalah kesepakatan bersama antara Ibu dan suami. Sangat disarankan bagi Ibu untuk membuat kesepakatan bersama dan sudah tugas suami untuk menyetujui kesepakatan itu. Ya, itulah rumah tangga, suka duka harus dirasakan bersama. Pengasuhan anak tak selamanya ada di tangan Ibu karena seorang Ayah juga bertanggung jawab atas pertumbuhan dan perkembangan sang anak.

Adanya kesepakatan ini tentu untuk saling meringankan beban bukan untuk menambah beban. Tak usah terlalu berat memberi bagian kerja ke suami, cukup minta tolong untuk memandikan si kecil satmat Ibu sibuk dengan urusan perdapuran, membereskan mainan anak, dan pekerjaan ringan lainnya. Tugas yang mulanya menumpuk akan terasa ringan. Disinilah peran suami untuk ikut serta menjaga mental sang ratu.

Bersosialisasi 

Siapapun akan bisan jika harus terkurung di rumah dan hanya berhadapan dengan keadaan rumah. Makhluk sosial butuh berinteraksi. Ya, kita butuh dunia luar, bertemu orang lain, suasana baru, dan kegiatan baru. Semuanya nggak harus mengeluarkan biaya atau pergi jauh. Cukup berkumpul dengan teman dekat, piknik bersama, atau sekedar arisan tipis. Kalaupun kesempatan keluar itu kecil, manfaatkan sosial media untuk saling bertukar pikiran dan cerita. Hal ini cukup ampuh untuk menghilangkan stress wanita.

Apresiasi body image

Terkadang memuji diri sendirinitu perlu apalagi Ibu baru yang selalu terperangkap kedalam insecurity terkait kondisi tubuhnya setelah datangya dambaan hati. Standar keadaan tubuh ideal itu pasti berbeda pada tiap pandangan orang. Makanya, kita sebagai Ibu lebih tak usah terlalu mempedulikan hal itu. Cukup merawat diri sebaik mungkin dan menancapkan dalam pikiran bahwa kita sudah cukup sempurna walaupun dioihat dari kacamata kita dan keluarga. Setidaknya, kita sudah mencoba berpikir positif. Dan, hal ini akan sangat membantu kita untuk mensyukuri keadaan, mencintai diri, dan menghargai yang lainnya. Untuk lebih banyak tau tentang parenting dan pendidikan kunjungi situs mualimah.my.id

Well, itu hanyalah sebagian cara untuk menjaga mental ibu. Masih ada banyak cara lain yang bisa diterapkan. Intinya, seorang Ibu harus cerdas dan cermat. Urusan rumah tangga memang harus diatur sebagus mungkin, tapi kewarasan ibu juga butuh asupan setiap saat. So, sisakan cukup ruang untuk berekspresi agar diri tak kehilangan arah dan keseimbangan. Semangat berjuang for all moms in this world!

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar untuk "Pentingnya Menjaga Mental Bagi Ibu untuk Kebahagiaan Diri dan Keluarga"