Tips Agar Tidak Salah Membeli Kompor Tanam

 


Agar dapur lebih tertata rapi dan kita bisa lebih mudah memasak, maka disarankan untuk memakai kompor tanam. Kisaran harga kompor gas tanam rinnai murah bisa membuat kita mudah memilikinya. Tetapi kita lebih baik tidak memilih kompor tanam secara sembarangan. Karena kalau salah pilih, maka bisa saja kompor tanam tersebut malah tidak cocok dengan kegiatan memasak kita. Sekarang ini, sudah ada banyak sekali produk kompor tanam dari berbagai merek. Agar tidak salah memilih kompor tanam, berikut ini ada beberapa tipsnya.

Memilih yang paling sesuai kebutuhan

Kalau sudah memutuskan memakai model kompor tanam, pilih dulu tipe atau model kompor tanam yang sesuai kebutuhan. Kalau secara umum, model kompor tanam bisa berupa gas, listrik, dan juga induksi. Anda dapat memilih kompor tanam yang sesuai dengan kebutuhan agar lebih pas digunakan. Jenis kompor tanam yang listrik tentu akan memakai listrik untuk sebagai sumber panas. Kompor ini menggunakan aliran listrik agar dihantarkan lewat kabel nichrome ke gulungan besi di bagian atas agar menghasilkan panas. Kalau secara teknik, maka kompor listrik ini lebih aman dikarenakan tidak akan menghasilkan percikan api membahayakan.

Tetapi ada sisi negatifnya juga untuk kompor tanam seperti ini yaitu tagihan listrik tiap bulan bisa naik kalau Anda memang sering memasak. Lalu ada pula jenis kompor gas, untuk kompor tanam satu ini menggunakan gas LPG sebagai sumber bahan bakar. Kelebihan kompor tanam tersebut yaitu mudah dioperasikan. Tetapi sisi negatif kompor tanam yang gas ini adalah Anda harus mengecek keamanan komponen selang gas serta komponen lainnya agar lebih aman dan terhindar dari risiko terjadinya kebakaran. Lalu yang terakhir adalah kompor induksi. Jenis yang ini menawarkan tingkat keamanan tinggi. Jenis kompor induksi memakai elektromagnetik dalam mendistribusikan panas ke peralatan masak. Jenis kompor satu ini tidak memanas pada saat tidak dipakai.

Memilih kompor tanam dengan bahan tahan lama

Pada saat menentukan kompor tanam, maka usahakan memilih yang berbahan bagus dan tahan lama. Jika salah dalam memilih bahan, maka Anda bisa saja merugi dan akan menyesal. Pada umumnya, terdapat bahan seperti tempered glass serta stainless steel sebagai bahan kompor tanam. Untuk stainless steel maka lebih kokoh tetapi tidak tahan goresan. Sedangkan tempered glass akan lebih mudah untuk dibersihkan, tahan panas, tahan gores dan kelebihan lain. Kalau memang ingin kompor tanam lebih awet, maka tidak ada salahnya memastikan bahan yang digunakan itu tempered glass walau memang lebih mahal.

Kompor tanam yang hemat penggunaan gas

Pada saat membeli kompor tanam, kalau memilih model kompor gas, usahakan memilih yang lebih hemat gas. Carilah yang menawarkan hemat gas serta dapat menghasilkan api biru. Kompor gas dapat menghasilkan pemanasan yang lebih tinggi serta sistem pengapian lebih bagus. Oleh karena itu, hasil masakan akan cepat matang merata. Di samping itu, memasak menjadi lebih efisien juga dengan kompor gas yang lebih hemat daya.

Memilih yang memiliki desainnya menarik

Tentunya desain wajib diperhitungkan juga pada saat mencari produk kompor tanam. Saat memilihnya, utamakan memilih desain menarik supaya dapat memperindah nuansa dapur. Sesuaikan saja ukuran kompor tersebut dengan desain serta tata letak ruang dapur agar lebih seimbang dan juga memberi kesan yang lebih rapi. Kalau desain kompor tanam menarik, maka kita juga lebih bersemangat ketika memasak dan juga menyajikan makanan.

 

 

Tidak ada komentar untuk "Tips Agar Tidak Salah Membeli Kompor Tanam"

Berlangganan via Email