Tips Parenting Untuk Anak Usia 3 Tahunan

 

Morinaga Platinum

Parenting paling menantang adalah saat usia anak menginjak 3 tahun. Pada usia ini, anak sudah mulai mengenal emosi dan kalimat sederhana. Tidak heran si kecil kerap tantrum saat ia tidak mendapatkan apa yang ia mau. Selain itu, Anda mungkin kerap menjumpai si kecil ogah-ogahan makan sehingga pemenuhan nutrisi pentingnya jadi terhambat. Karena itu, sambil berusaha mendekati anak dengan cara yang baik, alangkah baiknya bila Anda melengkapi nutrisi anak dan mendampinginya dengan Morinaga Platinum agar perkembangan otaknya optimal.

Soal asupan gizi, Anda bisa cek di artikel-artikel Kami sebelumnya. Nah, untuk parenting, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut.

Cara Parenting Anak Usia 3 Tahun

Berbeda pada usia 2 tahun, Anda mungkin tidak terlalu berurusan dengan emosi anak. Nah, setelah ia menginjak usia 3 tahun, kesabaran Anda mulai ditantang. Padahal Anda tahu, Anak tidak boleh diajarkan kekerasan dan lingkungan tumbuhnya harus dibuat sepositif mungkin. Di sisi lain, Anda diwajibkan menjadi orangtua otoriter tanpa harus otoriter. Begini caranya:

Management Perilaku

Memarahi si kecil saat ia sedang tantrum bukanlah jalan yang baik. Sebab di usia ini anak memang masih belum bisa membedakan mana yang baik dan salah. Yang ia tahu, ia hanya ingin mengkomunikasikan perasaannya namun kosakatanya masih terbatas. Hal ini memang sulit, tapi Anda bisa melakukan strategi management perilaku.

Caranya yaitu pilih perilaku yang mengganggu, berbahaya dan kurang baik. Misalnya anak Anda sering bersepeda di jalan tanpa melihat kanan kiri. Nah, Anda bisa membuat peraturan yang jelas dengan menyediakan konsekuensinya saat si kecil melanggar aturan ini. Misal kalau bersepeda di tengah jalan akan membuatnya jatuh, tertabrak, dsb. Yang pasti, Anda harus selalu konsisten ketika membuat atran ini sehingga si kecil tidak bingung.

Buat Sistem Pencegahan

Sistem pencegahan sangat penting untuk menghindarkan si kecil dari bahaya. Bila si kecil suka mengikuti aktifitas Anda di dapur, pasti ini membuat Anda semakin stres. Anda bisa membeli penyekat antara dapur dan area yang dekat dengan si kecil. Umumnya si kecil hanya ingin belajar dan meniru Anda.

Cobalah Untuk Tenang

Ketika Anda sudah tidak bisa mentoleransi perilakunya, tahan amarah Anda. Gunakan nada suara yang lembut dan kosakata positif tapi tegas. Ketimbang Anda menggunakan kalimat, "Kok ngga dibersihkan habis makan tangannya? Kotor loh!" gunakan kalimat lain yang positif seperti "Ayo cuci tangan setelah makan."

Intinya, hindari kalimat yang bernuansa negatif dan mengkritisi. Hal ini ditujukan supaya tidak berefek negatif pada perkembangan anak. Terbiasa mengkritisi anak akan membuatnya tumbuh jadi anak yang kurang percaya diri.

Jelaskan Peraturan Yang Anda Buat

Anak kerap bingung ketika orang tua melarang si kecil untuk melakukan A,B,C dst. Jelaskan peraturan yang Anda buat dengan cara yang lebih sederhana dan jelaskan konsekuensi yang didapatkan atas perilakunya, misalnya "Kalau Ade mukul Nenek nanti Nenek jadi sakit." ketimbang bilang "Jangan pukul Nenek, ga boleh nakal ya!". Cara seperti ini biasanya kurang didengarkan oleh si kecil.

Selain memberikan support system yang baik dengan melakukan parenting dengan benar, Anda  juga perlu memenuhi asupan gizinya dan jangan lupa damping dengan Morinaga Platinum untuk balita supaya perkembangan otaknya maksimal. Semoga tips di atas membantu Anda dalam membesarkan anak.

Meta desc:

Parenting untuk anak usia 3 tahun merupakan hal paling sulit. Selain parenting asupan nutrisi dan pendampingan Morinaga Platinum juga penting. Simak tips parenting berikut!

Tidak ada komentar untuk "Tips Parenting Untuk Anak Usia 3 Tahunan "