Kenali Ciri Pembelajaran Daring dan Luring Disini!

Pembelajaran Daring dan Luring


Pembelajaran daring dan luring menjadi topik yang banyak diperbincangkan.  Karena saat ini pandemi sedang terjadi, daring dan luring menjadi tidak asing di telinga.  Daring memiliki singkatan dalam jaringan atau yang biasa disebut dengan online. Jaringan yang dimaksud ini adalah jaringan internet. Pengertian secara luas adalah daring ini mengarah pada kegiatan yang mana menggunakan jaringan internet, baik itu yang menggunakan perangkat smartphone, laptop maupun menggunakan PC.

Luring ini pembelajaran luar jaringan dan menjadi kebalikan dari daring. Luring ini dikenal dengan offline. Luring sendiri merupakan aktivitas yang mana dilakukan secara langsung sehingga pembelajaran luring ini dilakukan melalui tatap muka secara langsung.

 

Ciri Pembelajaran Daring

Ada beberapa ciri pembelajaran daring yang menarik untuk Anda ketahui berikut ini:

1.      Pembelajaran Mengandalkan Sistem dan Media Digital

Ciri yang pertama adalah pembelajaran daring ini menggunakan sistem dan juga media digital.  Pembelajaran daring ini menggunakan sistem atau aplikasi tertentu, sedangkan media pembelajarannya menggunakan media digital dan semuanya dilakukan di depan layar.

2.      Waktu dan Tempat yang Lebih Fleksibel

Dibandingkan dengan luring pembelajaran daring ini waktu dan tempatnya jauh lebih fleksibel. Tidak ada batasan kapan akan melakukan pembelajaran. Hanya saja untuk waktunya ini harus disepakati bersama sehingga peserta didik memiliki tanggung jawab terhadap waktu yang  dipilihnya.

3.      Bergantung dengan Teknologi dan Jaringan Internet

Pembelajaran daring ini bergantung dengan jaringan dan teknologi internet. Jika teknologi dan jaringan internet ini tidak ada maka pembelajaran daring tidak akan bisa dilakukan. Ciri satu ini membawa pengaruh dampak positif dan negatif dimana bisa mempercepat dunia pendidikan di era digital 4.0 ini namun negatifnya tidak semua orang memiliki jaringan internet yang bagus.

Ciri Pembelajaran Luring

Berikut ini adalah ciri pembelajaran luring yang menarik untuk Anda ketahui:

1.      Tanpa Menggunakan Jaringan Internet

Pembelajaran luring ini tidak menggunakan jaringan internet. Sangat berbeda dengan daring dimana aktivitas ini tidak memerlukan internet sama sekali. Luring sangat cocok dijadikan sebagai pilihan jika ada kewajiban tatap muka antara peserta didik dengan guru atau pengajar.

2.      Lokasi dan Waktu Sama

Dalam melakukan aktivitas ini harus menentukan tempat dan lokasi secara jelas. Selain itu tempat harus disepakati bersama dan tidak bisa dilakukan di tempat yang lain karena peserta didik maupun guru ini wajib ada di tempat sama.

 

Luring dan daring memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing sehingga hanya dengan satu metode saja akan membuat pembelajaran tidak efektif. Anda bisa memilih metode blended learning yang mana menggabungkan pembelajaran online dan offline.  Percayakan pendidikan anak Anda di Sekolah Murid Merdeka atau SMM, sekolah unggulan satu ini memberlakukan metode blended learning dengan menggabungkan pembelajaran daring dan luring, SMM begitu inovatif sehingga mampu memberikan pengalaman belajar yang baru dan menarik, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut.

Tidak ada komentar untuk "Kenali Ciri Pembelajaran Daring dan Luring Disini!"