Bingung Cari Cara Membeli Saham Secara Tepat? Intip 11 Tips Membeli Saham Ini

 


Salah satu cara agar bisa berhasil di dunia saham adalah dengan mengumpulkan sebanyak mungkin cara membeli saham yang tepat. Dengan mengetahui cara untuk membeli saham tersebut, Smart People bisa mengaplikasikannya nanti sesuai dengan kondisi di pasar saham nantinya. Sebagai pedoman, Smart People bisa ikuti tips dalam membeli saham nanti di bawah ini.

1.   Tentukan Waktu Berhenti

Sebelum Smart People mengambil posisi di pasar saham, pastikan Smart People sudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhenti semisal investasi tak berhasil. Seperti yang Smart People ketahui, tak berhasilnya investasi merupakan hal yang biasa di dunia saham. Jadi, cari tahu tandanya ketidakberhasilan tersebut, serta tentunya siapkan strategi untuk menghadapinya. 

2.   Tentukan Target Hasil yang Diinginkan

Sebelum memulai investasi saham, tentukanlah target hasil atau imbal yang ingin diperoleh dari investasi yang Smart People lakukan. Saat petualangan Smart People di dunia saham sudah mencapai hasil yang diinginkan atau ditargetkan, Smart People sudah harus mempersiapkan strategi apa lagi yang diambil. Jadi, tak hanya stuck di pencapaian yang sudah dimiliki itu saja. 

3.   Kesampingkan Emosi

Tak bisa dipungkiri kalau saat situasi sedang genting, misalnya harga saham yang dimiliki turun drastis, sisi emosional pasti bisa dengan mudah menguasai. Jika sudah seperti ini, keputusan yang tergesa-gesa kerap kali diambil, baik itu berupa panic buying atau pun panic selling. Keputusan yang dipengaruhi oleh emosi ini sebaiknya dihindari.

Pengambilan keputusan yang tak matang, yang dipengaruhi oleh emosi, bisa memicu efek yang tak bagus bagi portofolio yang dimiliki. Maka dari itu, yakinkan diri untuk tetap bertahan dengan rencana dan strategi yang sudah disusun sedari awal. Ingatlah bahwa sisi emosional tak memiliki tempat di investasi saham.

4.   Jangan Terpengaruh oleh Perubahan Kecil pada Harga Saham

Saat mengambil keputusan untuk membeli atau menjual saham, Smart People jangan sampai terpengaruhi oleh perubahan yang relatif kecil pada harga saham tersebut. Alih-alih berpatokan pada perubahan harga yang sedikit tersebut, sebaiknya Smart People berpatokan pada trading range atau perbedaan antara harga saham tertinggi dan terendah di periode trading tersebut.

5.   Hindari Kepanikan Saat Fluktuasi Jangka Pendek

Sebagai pemula di dunia saham, terjadinya fluktuasi tak jarang memang bikin panik. Namun, kondisi itulah yang sebaiknya Smart People hindari saat fluktuasi jangka pendek itu terjadi. Yakinkan diri bahwa terjadinya fluktuasi jangka pendek itu merupakan hal yang lumrah dan tetaplah percaya pada terjaminnya strategi jangka panjang yang dimiliki oleh perusahaan. 

6.   Atur Strategi Investasi dengan Matang

Cara membeli saham yang tepat adalah dengan mengatur strategi investasi saham yang matang. Strategi investasi saham ini ada banyak ragamnya, diantaranya seperti mengaplikasikan analisis teknis dalam investasi atau trading saham. Smart People bisa pilih 1 strategi saja atau bisa juga menggabungkan beberapa strategi berbeda pada portofolio yang dimilikinya.

7.   Takar Risiko yang Harus Dihadapi

Seperti yang diketahui, ada risiko yang akan dihadapi saat terjun ke dunia saham. Umumnya, semakin nilai kapitalisasi pasar, maka akan semakin rendah risiko yang dihadapi, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, perkirakan seberapa risiko yang akan dihadapi dan persiapkan diri untuk itu.

8.   Tentukan Tujuan Sebelum Memilih Saham

Bukanlah hal yang mudah untuk memilih saham. Makanya, pertimbangkan dulu beberapa hal penting sebelum memilih saham untuk dimiliki. Smart People bisa tanya diri sendiri dulu, mengapa atau apa alasan Smart People membeli saham. Jika sudah ditemukan jawabannya, tanyakan lagi pada diri sendiri, apa saham yang sebaiknya dimiliki untuk mencapai tujuan tersebut.

9.   Pertahankan Saham untuk Jangka Panjang

Tips cara membeli saham yang juga bisa Smart People aplikasikan adalah membeli saham, lalu menjadikannya investasi jangka panjang. Saham sudah terbukti sebagai investasi yang begitu bernilai, karena imbal hasilnya yang memuaskan. Saham perusahaan yang memang bagus kualitasnya akan bisa memperlihatkan kenaikan nilai yang signifikan seiring dengan berjalannya waktu.

10.        Pilih Saham dari Beberapa Industri Berbeda

Pilihlah saham dari perusahaan yang bergerak di industri yang berbeda-beda. Misalnya saja, Smart People bisa pilih saham dari perusahaan yang bergerak di industri makanan dan saham lainnya dari industri jasa atau industri lainnya. Jangan hanya terpaku pada satu industri saja, sehingga kemudian semua saham yang Smart People miliki berasal dari industri yang sama.

Mengapa dianjurkan untuk memilih saham dari industri yang berbeda? Salah satu alasannya adalah untuk menghindari kerugian yang cukup besar karena semua saham yang dimiliki berada di industri yang sama. Jika saham yang dimiliki berasal dari industri yang berbeda, meskipun salah satu industri sedang turun performanya, saham lain dari industri berbeda masih bisa diandalkan.

11.        Pantau Berita yang Mempengaruhi Pasar Saham

Situasi global merupakan salah satu hal yang mempengaruhi naik atau turunnya nilai saham di pasar saham. Maka dari itu, pastikan Smart People untuk terus update mengenai berita atau peristiwa global yang terjadi di dunia. Berdasarkan situasi tersebut, akan bisa mempermudah Smart People dalam memprediksi saham mana yang sebaiknya dibeli dan yang sebaiknya dihindari. 

Itulah tadi 11 tips atau cara membeli saham yang bisa Smart People aplikasikan saat terjun ke dunia saham. Ingatlah bahwa bertualang di pasar saham bukanlah permainan belaka, melainkan petualangan yang harus penuh dengan strategi jitu, agar bisa memberikan hasil yang diinginkan.

Bagi Smart People yang tertarik untuk mulai belajar saham, segera download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store. Aplikasi ini akan membantu Smart People untuk trading saham dengan lebih mudah melalui smartphone. Paling penting, aplikasi RHB Tradesmart terdaftar di OJK sehingga bisa menjadi solusi untuk Smart People yang ingin berinvestasi dengan aman.


Tidak ada komentar untuk "Bingung Cari Cara Membeli Saham Secara Tepat? Intip 11 Tips Membeli Saham Ini "