5 Rekomendasi Cara Mengatasi Sakit Ulu Hati Tanpa Obat

 

Cara Mengatasi Sakit Ulu Hati Tanpa Obat

Cara mengatasi sakit ulu hati tidak selalu dengan menggunakan obat. Ada banyak cara mengatasi sakit ulu hati tanpa obat yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa bantuan tenaga medis. Langkah seperti ini tentu penting yaa kamu tau apalagi jika kamu belum mempunyai asuransi online untuk pemeriksaan lebih lanjut terkait kesehatan kamu.

Cara cara ini terbukti efektif bisa meringankan gejala sakit ulu hati yang ringan. Setidaknya kalau tiba tiba ulu hati sakit kamu sudah tau apa yang harus kamu lakukan sebelum nantinya mendapat perawatan dari dokter ataupun mengkonsumsi obat tertentu.

Inilah Cara Mengatasi Sakit Ulu Hati Tanpa Obat yang Efektif

Ada banyak cara mengatasi sakit ulu hati tanpa obat yang bisa meringankan gejala yang kamu rasakan. Pada dasarnya sakit ulu hati bisa kita kenal dengan heartburn. Dimana kamu akan merasakan panas dan terbakar di area dada dan rasa panas itu menjalar sampai ke kerongkongan.

Nah sakit ulu hati sendiri adalah gejala dari GERD atau Gastroesophageal reflux disease, dimana asam lambung naik sampai ke kerongkongan. Cara simpel mengatasinya yaa dengan minum obat, tapi tentu ada efek samping yang akan kamu rasakan yaa. Oleh karena itu ada juga cara mengatasi sakit ulu hati tanpa obat yang bisa kamu coba, diantaranya:

·        Meminum Teh Jahe

Jahe bisa kamu gunakan sebagai obat untuk menangani heartburn. Jenis rempah satu ini bisa meredakan mual yang kamu rasakan dan biasanya cocok untuk beberapa orang yang asam lambungnya naik.

Nah kamu bisa menyeduhkan menjadi teh jahe hangat hangat, kamu bisa menyajikannya dengan cara memarutnya atau memotongnya dan menyeduhnya dengan air hangat. Kamu bisa menambahkan madu untuk mendapatkan rasa manis. Tapi ingat yaa jangan berlebihan, karena nanti bukannya kondisimu semakin baik tapi malah lebih sakit ulu hatinya.

·        Mengkonsumsi Permen Karet

Permen karet selain bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks ternyata juga bisa mengatasi ulu hati yang sakit. Karena nanti saat kamu mengunyah permen karet maka produksi air liur kamu akan bertambah. Nah nanti air liur yang kamu hasilkan akan mencairkan dan kemudian membersihkan asam lambung yang naik ke kerongkongan. Tapi sebaiknya kamu mengkonsumsi permen karet yang bebas gula yaa untuk meringankan gejala yang kamu rasakan.

·        Mengendurkan Ikat Pinggang dan Ganti Celana

Ikat pinggang yang yang terlalu kencang dan celana yang kencang bisa menekan perut. Dimana akan membuat asam lambung yang naik akan semakin banyak yang naik ke kerongkongan. Hal ini bisa memperparah kondisimu, oleh karena itu harus di longgarkan untuk mengurangi tekanan yang perut kamu rasakan.

·        Jangan Berbaring

Apabila sakit ulu hati kamu kambuh sebaiknya jangan berbaring, karena nanti akan mempermudah asam lambung naik ke kerongkongan. Sebaliknya jika kamu membuat posisi kepala dan dada menjadi lebih tinggi asam lambung akan susah naik ke kerongkongan.

Sebaiknya kamu gunakan bantal yang cukup tinggi untuk mengurangi rasa sakit yang kamu rasakan. Atau gunakan saja wedge pillow, bisa juga dengan kamu duduk tegak dan berdiri sebentar.

·        Gunakan Pengobatan Alami

Cara mengatasi sakit ulu hati tanpa obat selanjutnya bisa kamu coba dengan pengobatan alami. Kamu bisa menggunakan bahan bahan makanan yang ada di rumahmu. Misalnya dengan mencoba campuran air dengan soda kue. Karena bahan tersebut bisa membuat asam lambung menjadi netral.

Nah caranya kamu bisa melarutkan satu sendok soda kue ke segelas air dan bisa langsung kamu minum. Cara ini bisa kamu gunakan sesekali yaa jangan terlalu sering. Atau kamu bisa mengganti soda kue dengan cuka apel.

Untuk cuka apel gunakan saja satu sendok teh untuk 237 mililiter air. Kamu bisa mengkonsumsinya jika sudah selesai makan. Ingat meskipun cuka apel kamu juga jangan sering sering meminumnya yaa dan efek yang dihasilkan pada masing masing orang bisa berbeda yaa.

·        Hindari Merokok, Minuman Kafein, dan Alkohol

Jika kamu suka merokok, minum kopi bahkan mengkonsumsi alcohol maka akan memperparah sakit ulu hati yang kamu rasakan. Karena jika kamu mengkonsumsinya fungsi otot sfingter esophageal akan melemah sehingga asam lambung akan mudah sekali naik ke kerongkongan dan menimbulkan refluks asam lambung.

·        Tidak Mengkonsumsi Makanan Berlemak

Jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak maka bisa memperparah sakit ulu hati loh. Apalagi saat kambuh, rasa nyeri ulu hati, dada panas, dan mulas akan semakin parah. Dan selain ulu hati yang sakit, makanan berlemak juga bisa menimbulkan batu empedu loh untuk efek jangka panjangnya.

Demikian cara mengatasi sakit ulu hati tanpa obat yang bisa kamu coba apabila gejalanya muncul. Bila sakit berlanjut sebaiknya memang kamu periksakan ke dokter dan untuk menunjang kesehatanmu kedepannya segerakanlah mengurus asuransi online. Jaman sekarang mah mengurus asuransi lebih gampang dan banyak pula layanan yang bisa kamu dapatkan.

Tidak ada komentar untuk "5 Rekomendasi Cara Mengatasi Sakit Ulu Hati Tanpa Obat"