Jenis-Jenis Layanan Cloud Service

Cloud Service


Cloud service merupakan teknologi penyimpanan data yang telah berbasis jaringan internet. Dengan adanya teknologi ini, pengguna akan semakin mudah dalam mengintegrasikan perangkat yang satu dengan perangkat lainnya.

 

Layanan berbasis cloud ini juga sering disebut dengan layanan awan. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan awan adalah jaringan internet itu sendiri. Dengan kata lain, internet menjadi pusat data yang menyimpan berbagai informasi yang dimiliki oleh pengguna.

 

Ketika menggunakan layanan cloud computing, Anda sudah tidak perlu lagi membeli harddisk sebagai tempat penyimpanan data. Saat ini, layanan cloud hadir dalam beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

Jenis-Jenis Layanan Cloud Service

 

Software as-a-Service (SaaS)

SaaS merupakan jenis layanan cloud yang memudahkan Anda dalam melakukan penyimpanan data. Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa melakukan berbagai hal, mulai dari mengembangkan software hingga melakukan pemeliharaan server.

 

Pada dasarnya, konsep penyimpanan seperti ini sudah banyak dijumpai dalam teknologi end-user. Jenis software ini pun ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Namun, untuk layanan gratis ini tentunya Anda akan mendapatkan fasilitas yang terbatas.

 

Jenis software cloud yang satu ini bisa dengan mudah diakses menggunakan browser sehingga Anda tidak harus menginstalnya terlebih dahulu.

 

Infrastructure-as-a-Service (IaaS)

Jenis layanan cloud yang kedua ini memungkinkan Anda untuk lebih fleksibel dalam mengelola data. Ketika menggunakan IaaS, Anda sebaiknya memahami penggunaan software dalam komputer.

 

Meskipun begitu, Anda tidak harus menggunakan software komputer dalam bentuk fisik. IaaS bekerja dengan menghadirkan komputer versi virtual yang bisa Anda kelola dan gunakan dengan mudah. Dapat dikatakan bahwa IaaS lebih fleksibel dibandingkan dengan SaaS.

 

Hal menarik lainnya ketika Anda menggunakan layanan jenis ini adalah Anda bisa dengan mudah menambahkan beberapa hal, seperti CPU, RAM, dan juga storage. Namun, untuk hal-hal yang terkait dengan perawatan tetap akan ditangani oleh provider cloud.

 

Platform-as-Service (PaaS)

Jenis layanan yang ketiga ini lebih banyak digunakan oleh penyedia developer atau perusahaan yang fokus pada pembuatan aplikasi dan juga perusahaan yang memiliki website dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

 

PaaS hadir dalam bentuk platform. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah membangun maupun mengunduh aplikasi yang Anda butuhkan. Layanan cloud yang ketiga ini hadir dalam beberapa jenis, seperti Framework, Sistem Operasi (OS), dan Database engine. Beberapa jenis layanan tersebut hadir untuk memudahkan Anda menggunakan aplikasi yang sedang dibuat.

 

 

Secara singkat, terdapat tiga jenis layanan cloud yang bisa Anda jadikan pilihan untuk melakukan penyimpanan dan pengelolaan data. Bagi Anda yang saat ini sedang mencari layanan cloud, neuCentrIX hadir dengan berbagai layanan terbaik yang bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Temukan layanan cloud di sini

Tidak ada komentar untuk "Jenis-Jenis Layanan Cloud Service"