Peluang Perkembangan Industri Mobil Listrik bagi Industri Tambang Nikel di Pulau Obi

 

Pulau Obi

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan sumber daya alam berupa hasil tambang yang melimpah di dunia. Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki keunnggulan sumber daya alamnya masing-masing, tak terkecuali Pulau Obi. Pulau Obi yang terletak di Maluku Utara ini terkenal akan hasil alamnya berupa nikel yang berkualitas baik.

Sekilas tentang Pulau Obi

Pulau Obi merupakan sebuah pulau yang secara administratif termasuk ke wilayah Kabupaten Halmahera Selatan. Pulau Obi memiliki total wilayah yang cukup luas, yakni mencapai 3.048 kilometer persegi. Di sekitar Pulau Obi terdapat beberapa pulau lain yang juga memiliki cadangan sumber daya alam melimpah seperti Pulau Mala-Mala, Obilatu, Tapat, dan  Gomumu. Jumlah penduduk Pulau Obi mencapai 42.774 jiwa dan hampir semuanya merupakan pendatang. Kepadatan penduduk di Pulau Obi tergolong rendah, yakni hanya di angka 15 jiwa / kilometer persegi.

Wilayah provinsial dari Pulau Obi, Maluku Utara sendiri menyimpan total cadangan nikel yang mencapai 1,4 miliar ton bijih. Oleh karena itu, tak heran jika di Pulau Obi dan wilayah lain di Maluku Utara terdapat sejumlah perusahaan tambang yang bergerak di bidang pertambangan nikel yang utamanya didominasi oleh perusahaan asing, seperti beberapa perusahaan tambang asal Tiongkok.

Keunggulan Pulau Obi

Ketika mendengar kata “Pulau Obi”, pasti banyak orang yang langsung membayangkan tambang nikel. Hal ini tentu wajar mengingat nikel merupakan salah satu sumber daya alam unggulan dari Pulau Obi. Selain nikel, di Pulau Obi juga terdapat tambang lainnya seperti tambang batubara, semen, emas, dan minyak bumi.  

Tak hanya itu saja, di Pulau Obi juga terdapat sejumlah industri pengolahan nikel yang menghasilkan produk akhir berupa feronikel. Feronikel sendiri merupakan produk yang banyak dimanfaatkan sebagai pelapis stainless steel. Feronikel dari Pulau Obi juga cukup menarik perhatian karena dapat dimanfaatkan di industri pemurnian yang akan menghasilkan produk akhir berupa Mixed Hydroxide Precipitate. Produk akhir berupa Mixed Hydroxide Precipitate inilah yang merupakan material penting pembuatan bahan baku baterai kendaraan listrik.

Nikel dari Pulau Obi sebagai Salah Satu Bahan Baku Utama Baterai Kendaraan Listrik

Sebagai upaya untuk menurunkan emisi karbon dunia, baru-baru ini beberapa negara di dunia termasuk Indonesia sedang gencar mempromosikan mobil listrik sebagai upaya untuk mewujudkan moda transportasi yang ramah lingkungan.

Salah satu komoditas utama dalam pembuatan bahan baku baterau mobil listrik adalah nikel, termasuk nikel yang diperoleh dari Pulau Obi. Tidak seperti bahan baku baterai lainnya seperti kobalt dan litium, nikel tergolong unik karena tidak didorong oleh permintaan baterai global, yakni hanya di angka 5%.

Nikel adalah logam yang paling penting dari segi massa dalam katoda baterai lithium-ion yang digunakan oleh produsen kendaraan listrik. Saat ini nikel membentuk sepertiga dari katoda Nickel Manganese Cobalt (NMC) dan 80% dari katoda Nickel Cobalt Aluminium (NCA). Seiring berkembangnya formulasi baterai, diperkirakan perusahaan kendaraan listrik di dunia akan memerlukan lebih banyak nikel karena peningkatan nikel memberikan kepadatan energi yang lebih tinggi.

Sebenarnya ada beberapa keunggulan nikel sebagai salah satu material utama pembuatan baterai kendaraan listrik, di antaranya yaitu:

1.      Kepadatan energi yang lebih tinggi

Kepadatan energi yang lebih tinggi berarti peningkatan nikel dalam katoda baterai, semakin jauh jarak yang dapat ditempuh kendaraan listrik. Pabrikan EV membutuhkan baterai yang dapat memberikan kepadatan energi yang lebih tinggi, daya yang lebih besar, dan masa pakai yang lebih lama dengan aman dan dengan biaya yang lebih rendah.

2.      Mengurangi biaya

Peningkatan biaya lithium dan kobalt membuat produsen baterai dan mobil listrik ingin mengubah campuran bahan mereka saat ini dengan mengurangi jumlah kobalt dan menambahkan lebih banyak nikel. Produsen kendaraan listrik menyadari penurunan biaya produksi akan berarti peningkatan penerimaan produk di kalangan konsumen sehingga ini dapat menjadi langkah menuju profitabilitas.

Nikel, yang terutama digunakan untuk produksi baja tahan karat, sudah menjadi salah satu pasar logam terpenting di dunia dengan pasar lebih dari 20 miliar dolar AS. Dampak tambahan di masa depan pada pasar nikel tergantung pada permintaan baterai dan penetrasi pasar kendaraan listrik.

Kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) saat ini memiliki sekitar 1% dari keseluruhan permintaan mobil. Ini berarti 70.000 ton permintaan nikel, sekitar 3% dari total pasar. Seiring dengan meningkatnya penetrasi kendaraan listrik, permintaan nikel termasuk nikel di Pulau Obi juga meningkat pesat.

Kesimpulan

Seiring dengan gencarnya kampanye untuk mengurangi emisi karbon, maka industri kendaraan listrik diprediksi akan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, tak diragukan lagi bahwa permintaan dunia terhadap nikel Pulau Obi semakin meningkat, mengingat nikel merupakan salah satu bahan baku utama dari baterai kendaraan listrik.

Ini bisa menjadi peluang bagi Pulau Obi sebagai salah satu daerah dengan cadangan nikel terbanyak di dunia. Namum, sistem pengelolaannya tetap perlu mendapatkan perhatian khusus karena mayoritas dari industri pemurnian nikel di pulau ini merupakan perusahaan asing. Hal ini tidak akan menjadi masalah apabila dibuat kebijakan strategis yang dapat memberikan keuntungan bagi Indonesia, masyarakat sekitar Pulau Obi, perusahaan tambang, dan juga perusahaan kendaraan listrik.

Untuk mendapatkan informasi dan berita terbaru seputar bisnis, otomotif, lifestyle, entertainment, olahraga, teknologi, dan kesehatan, Anda tidak perlu lagi mencarinya di beberapa situs yang terpisah karena saat ini Anda sudah dapat memperoleh informasi yang lengkap dan akurat dari satu situs saja, yaitu suara.com.

Dengan mengakses suara.com, Anda akan mendapatkan informasi yang kredibel dan terpercaya yang didukung dengan fitur cek fakta. Selain itu, Anda juga dapat mengakses berita dari region tertentu di Indonesia maupun luar negeri. Bagi Anda yang tertarik untuk mengakses informasi atau berita terbaru secara rutin dari suara.com, Anda dapat mendaftarkan email Anda untuk berita terupdate yang akan dikirimkan langsung ke Inbox Anda.

 

Tidak ada komentar untuk "Peluang Perkembangan Industri Mobil Listrik bagi Industri Tambang Nikel di Pulau Obi"