Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ambroxol Obat Pengencer Dahak Paling Ampuh

 


Dari sekian banyak merek obat pengencer dahak yang bisa kamu beli di apotik, Ambroxol adalah salah satu yang paling efektif dan ampuh loh. Ambroxol sendiri di pasaran bisa kamu temukan dengan berbagai nama atau sebutan. Sayangnya memang obat ini tidak boleh sembarangan kamu konsumsi meskipun terbukti ampuh menangani dahak yang ada di tenggorokan.

Namun kamu masih bisa memilih obat ini dan membelinya di pasaran. Sebelum kamu membelinya kalian juga wajib teredukasi tentang ambroxol. Dengan begitu ambroxol bisa efektif mengobati batuk berdahak kalian.

Mengenal Obat Ambroxol HCL 30

Ambroxol merupakan obat yang bisa membantu kamu mengeluarkan dahak secara efektif. Bukan hanya batuk tetapi juga bisa untuk bronkiektasis. Dimana obat ini akan membuat dahak encer, dan bisa keluar dengan mudah. Jika sudah begitu maka pernapasan akan jauh lebih lega dan lancar.

Ambroxol sendiri bisa kamu beli di apotik terdekat baik yang bentuknya syrup maupun tablet serta bisa dikonsumsi baik untuk dewasa maupun anak-anak. Di dalam obat ini juga ada senyawa mukolitik yang nanti berperan dalam pengenceran dahak. Sayangnya obat ini merupakan golongan atau kategori C bagi ibu hamil dan menyusui sehingga alangkah baiknya mereka tidak mengkonsumsinya.

Efek sampingnya jelas yaitu dapat mempengaruhi janin dan bisa diserap ASI sehingga pemakaiannya tidak dianjurkan. Untuk jenis atau merek dagang Ambroxol yang bisa kamu jumpai di pasaran diantaranya ada Mucopect, Omeroxol, Abroxol HCL, Berea, Epexol, Bronkipect, Ambroxol Hydrochloride, lapimuc dan sebagainya. Merek-merek tersebut sudah mendapatkan izin dari BPOM sehingga aman untuk kamu konsumsi asal mengikuti aturan atau dosis pemakaian.

Nah berikut ini hal-hal yang harus dihindari ketika akan mengkonsumsi Ambroxol :

  • Ada baiknya jika kamu konsumsi obat ini mendapaptkan pengawasan dari dokter atau mengikuti anjuran dosis dari mereka.
  • Tidak diperuntukkan bagi ibu hamil ataupun menyusui karena ada efek sampingnya.
  • Jika kamu punya riwayat gangguan ginjal, paru-paru, hati, kekebalan tubuh rendah, tukak lambung atau ulkus sebaiknya diinformasikan pada dokter yang memeriksamu.
  • Sampaikan juga jika kamu sedang mengkonsumsi suplemen atau obat-obatan tertentu. Termasuk obat-obatan herbal yang sudah kamu beli.
  • Apabila kamu juga punya alergi atau muncul alergi setelah mengkonsumsi obat ini maka sebaiknya segera pergi ke rumah sakit atau menemui dokter agar bisa mendapatkan perawatan yang efektif.

Bagaimana Aturan Konsumsi Ambroxol

Seperti yang kita tau ambroxol ada yang syrup dan ada yang tablet. Jika kamu mau mengkonsumsi salah satu darinya harus sesuai dosis dan usia kamu.

  • Tablet ambroxol

Ambroxol tablet merupakan obat yang bisa kamu konsumsi dari dosis 30 sampai 120mg. kamu bisa mengkonsumsinya 2 sampai 3 kali per harinya bagi orang dewasa.

Kemudian untuk anak-anak apalagi usia kurang dari 2 tahun kamu bisa memakain 7,5 sampai dengan 15mg untuk dua kali minum per harinya. Sedangkan untuk usia 2 sampai 5 tahun, sekali minum bisa 7,5 sampai 15mg dan usia 6 hingga 12 tahun bisa 15 sampai 30 mg dua kali sehari.

  • Syrup ambroxol

Untuk syrup, usia dewasa kamu bisa minum 10 ml dua kali sehari. Kemudian bagi anak-anak yang masih usia 2 hingga 5 tahun kamu bisa pakai dosis 2,5 ml dua kali sampai 3 kali sehari. Sedangkan usia 6 hingga 12 tahun bisa menggunakan dosis 5 ml tiga kali minum sehari.

Untuk aturan lain ambroxol bisa kamu konsumsi saat makan dan bisa juga sesudahnya. Dengan kamu mengikuti anjuran yang telah ada di kemasan maka efek samping bisa diminimalisir.

Beberapa Efek Samping Ambroxol Jika Dikonsumsi

Ambroxol sebagai obat pengencer dahak juga mempunyai efek samping. Meskipun begitu kamu bisa meminimalisir efek samping yang akan terjadi dengan mentaati anjuran minumnya.

Nah berikut ini beberapa efek samping yang harus kamu tau saat mengkonsumsi ambroxol berbagai merek dagang :

  • Maag
  • Diare
  • Mual dan muntal
  • Sakit perut dan perut kembung
  • Muncul ruam merah di kulit kamu
  • Tenggorokan dan bibir rasanya kering
  • Lidah terasa keluh
  • Dan lain sebagainya

Demikian beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang obat pengencer dahak ambroxol sebelum mengkonsumsinya. Imbangi juga dengan minum air mineral yang banyak agar metabolisme tubuh menjadi lebih bagus dan kamu bisa segera sehat kembali.

 


Posting Komentar untuk "Ambroxol Obat Pengencer Dahak Paling Ampuh"